Senin, 12 September 2011

Sharing macam-macam Penipuan di Jalan



Dear Pembaca,

Sehubungan dengan banyaknya respons dari artikel saya yang kemarin mengenai penipuan di jalan (klik di sini), maka di sini akan saya sharingkan berbagai modus penipuan di jalan, hasil searching saya di kaskus. Artikel ini akan saya update apabila ada modus penipuan yang baru. Jika teman-teman sekalian punya informasi tentang berbagai modus penipuan, boleh disharekan melaluin kotak komentar di bawah. Nanti akan saya pasang di artikel ini supaya kita semua tahu dan waspada.



#1 : Penipuan dengan modus minta uang 1

Jadi gini loh gan ceritanya...

Dua Bulan kemaren, tepatnya hari sabtu waktu ane mau pulang ke kampung halaman ane (ane anak kos gan) di Desa Tugu Kec. Lelea Kab. Indramayu.

Kalo mau ke rumah ane, ane harus nglewatin pantura dulu gan (oh iya ane kos di Indramayu). Nah waktu baru keluar dari pantura dan menuju ke rumah ane, di jalan ane di stop ama ibu2 tepatnya tante2 gan. Dia bawa anak kecil. Nah, ini percakapan ane ama tuh ibu2 :

TS = Ane
I= Ibu2

TS = Ada apa, bu?
I = Ini de, anak ibu mau ke rumah sodaranya, nah kita kehabisan ongkos. Ade ada sedikit uang kaga?
TS = oh maap bu, saya ga punya banyak uang, soalnya saya cuma anak kos. Kalo saya anterin aja gimana?
I = Oh ga usah de, ibu minta seadanya aja deh, de
TS = Ini bua cuma ada 7000  maaf ga ada lagi soalnya saya cuma anak kos. Lagi pula ini hari sabtu, jadi uang saya cuma cukup buat beli bensin
I = Oh iya de ga papa, makasih ya, de

Nah, beberapa minggu yang lalu, ane ketemu lagi gan ama tuh ibu2, tapi di tempat yang berbeda, yaitu di Indramayu!

Ibu2 itu kayanya udah luapa ama muka ane, dia nipu dengan modus yang sama, yaitu minta uang dengan alasan kehabisan ongkos lagi!!

ane langsung aja jaweb

"GA ADA DUIT, BU!!"

Nah, masuk akal ga sih gan kalo dia tiap hari ke rumah sodaranya? Masuk akal kaga dia kehabisan ongkos terus?

Kalo ada yang ngasih gede gimana tuh gan? Untung ane cuma kena 7 ribu perak.

Cuma mau share aja gan, supaya agan lebih ati2! 


 (sumber)

#2 : Penipuan dengan modus minta uang 2

Gan ane cman mo sharing cerita ya bsa dbilang penipuan sih cz orangnya bokis ma ane&orang”..
Krg lebih gini gan percakapannya:

B : Bapak"
A : Ane

B : Neng kalo arah ke stasiun kota itu mana ya?
A : Bapak dri sini naik aja bus jrusan harmoni lalu nyambung angkutan lagi blab la bla…
B : Kalo ke senen neng?Jauhan ke senen ato kota ya neng.,
A : Bisa pak bapak naik aja kopaja jrusan ke senen skali naik doank kok pak.Klo mnrt saya sih bapak ke senen aja gk ribet.
B : Saya mau pulang ke Cikarang neng naik kereta tpi ongkos saya habis bsa tlg kasih saya uang gk neng.
A : Oh iya pak tpi saya cman ada 2000 pak ( maklum gan tanggal tua jdi kanker bgt  )
B : Ya gpp neng,makasih y neng
A : Iya pak sama"..bapak nyebrang aja trs naik P12(sambil nunjukin jalan ane bilang atia” ya pak)
B : Iya neng.

Lalu bapak" tdi pergi,,kn ane blom dpet bis tu jdi ane ttp dsitu..Eh ane liat tu bapak ngemeng lagi ma orang tanya ttg stasiun dan mo cikarang..abis itu mnta uang ma org yg dtanyain tdi ada 2 orang,yag ibu“ gk ngasih&diem aja,tpi yg mas“ ngasih..Itu baru 2 oarang gmn kalo 10 orang dgituin pasti lumanyun kn gan?.Trs bapak tdi bkannya naik bis yg ane tunjukin tdi tp mlah jalan kmna entah gk tau ane cz ujan..Ane sih bkannya apa“ msalah uangnya,,tpi bapak“ itu udah bokisin orang“..Gmn coba kedepannya ntar??Dia kn uda tua (klo diliat dri mukanya sih pasti 50an keatas umurnya) hrusnya rajin bribadah&mohon ampun bkan mlah nipu” kyak gitu..
Maaf y gan klo kepanjangan ceritanya...
Klo tdk berkenan jgn di  ya gan..


(sumber)

#3 : Penipuan dengan modus minta uang 3


Ane tidak tahu ini modus penipuan atau bukan..ane cuman ingin menceritakan pengalaman ane 2 minggu terakhir ketika sedang berjalan2 di trotoar jalan Thamrin..Ane rasa 2 kejadian yang sama persis dalam 2 minggu bukan suatu kebetulan belaka.

Kejadian 1 :
Minggu lalu (ane lupa hari apa) sekitar jam 14.00..Ketika ane habis lunch dari Plaza Indonesia untuk kembali ke kantor, ane disapa oleh seorang Bapak umur sekitar 30an tahun..Ane sapa balik, dan terjadilah percakapan..Bapak itu menanyakan jalan menuju Bandung..Dia orang Bandung dan ingin kembali, tetapi karena dia kecopetan (katanya), dia tidak punya ongkos lagi untuk kembali..Jadi dia minta bantuan ane..Katanya dia sudah berjalan dari Gajahmada..
Insting ane mengatakan dia berbohong, jadi ane minta maaf dan buru-buru pergi 

Kejadian 2 :
Selasa kemarin sekitar jam 19.30..Ane lagi berjalan dari kantor menuju mall, tiba-tiba ane dipanggil oleh seorang ibu-ibu yg sedang duduk diatas motornya..Intinya Ibu ini mengatakan bahwa dia tidak punya uang bensin lagi untuk kembali ke Tangerang..Ane coba melihat penunjuk bensinnya memang tinggal sedikit lagi jarumnya menunjuk ke E..
Lagi-lagi insting ane mengatakan dia berbohong, tapi karena dia ibu-ibu, ane memberikan uang bensin secukupnya 


Dua kejadian diatas sama persis..Sama-sama meminta uang karena kehabisan ongkos pulang..Ane tidak tahu ini penipuan atau bukan..
Bagaimana menurut agan? Penipuankah? Ada yg pernah mengalami kejadian yg sama?



(sumber)


#4 : Hati-hati jika menemukan amplop di jalan


PENIPUAN DI MANA MANA !
WASPADALAH WASPADALAH

gini critanya:
sopir ane menemukan amplop di pinggir jalan raya pati- kudus. dan amplop tersebut disampulnya ada tulisannya dokumen rahasia.

nah nyampe rumah amplop tersebut diberitahukan ke ibuk ane, setelah dibuka ada 3 lembar kertas.
1. kertas yg 1 dr dinas perindustrian n perdagangan
2. kertas yg 2 dr badan pertanahan nasional
3. kertas yg 3 bertuliskan cek dr BRI senilai 2,7 milyar

nah, ibu ane kaget bgt krn ada cek yg senilai 2,7 milyar. karena merasa dokumen tersebut sangat penting maka ibuk ane berinisiatip menelpon nomor yg ada di surat tersebut.

setelah berbicara panjang lebar dengan orang yg ada di surat tsb,orang tsb ngakunya emang bener khlangan dokumen2 yg ada ddlm amplop td.

orang yg d tlp ibuk td menjanjikan akan memberikan uang imbalan 120juta sbgai imbalan karena telah menemukan dokumennya yg ilang.
namanya jg orang desa ya gan, stlah mendengar akan mndapatkan uang ibuk ane senengnya bukan maen kan. nah ini crita yg sesungguhnya dimulai.

setelah bercakap2 lama orang tersebut menyuruh untuk mengantarkan dokumen tersebut ke kantornya, n akan mengirim uang 20jt untuk perjalanan. n sisa 100 jt akan diberikan nanti. n meminta nomer sekening ane untuk mengirim uang transport
percakapannya krang lbh sperti ini gan

ibu : ini pak no rekeningnya ********
x : iya buk trimakasih, kira2 di rekening ibu ada saldonya berapa?
ibu : gak ada pak
x : untuk mentranfer uang dlm jmlah yg bnyak itu minimal ada saldo 1jt

setelah bercakap2, ibu ane yg udah tergiur uang lngsung ngajak ane ke bank gan, buat ngisi saldo 1jt. disini ane udah mulai curiga gan. kalo transfer kan tgl tranfer ya gan? tp ini orang nyuruh ke ATM buat memastikan.

stelah ngisi saldo ibu ane mau menghubungi tu orang, tp ane cegah gan. ane sms ke orang itu kalo pls ane abis n g bs tlp.
selang beberapa lama orang itu tlp gan, n menyuruh ane ke ATM untuk mengecek, n menyuruh ane untuk mengikuti cara yg ia perintahkan. (kecurigaan semakin jelas)

ywd ane ke ATM trus memasukkan kartu,
ane ; ia ini dah d ATM
x : silahkan masukkan kartunya
ane : uda
x : silahkan di pencet tombol english, krena ini yg transfer dr bendahara saya yg ada di singapura
ane : iya
x : sekarang pencet tranfer.
ane : lho, gak bisa to pak. masak yg tranfer saya?
x : emang seperti itu caranya mas.
ane : gak bisa lah pak, emangnya saya orang bodoh pa.
x : berarti ini gak jadi?
ane : ya gak pa2 kalo gak jadi.

hampir aja gan ane ketipu, untung aja ane rada pinter dikit.

ini gan nomernya kalo mau di kasi bingkisan 081338406667

pesan : " hati2 kalo menemukan suatu barang gan, jangan mudah percaya"

GIMANA GAN ? 
WASAPADA AJA YA GAN
BAGI YANG BEREKENAN Yang Mau berbagi :bigtoast "SILAHKAN
BAGI YANG BERKENAN Yang mau Kasi  "SILAHKAN
Tapi Jangan  "ane ga terima gan"



(sumber)