Selasa, 06 September 2011

Sedang Di Era Manakah kira sekarang?

Zaman Edan??


Halo sahabat pembaca, hari ini saya akan membagikan sedikit tentang perubahan era yang telah terjadi di dunia selama ini. Apa yang saya sampaikan di sini merupakan rangkuman dari apa yang saya baca di bukunya Bong Chandra.


1. Era Agraris (before 1492)


Pada era ini, mereka yang sukses/ kaya adalah mereka yang punya peternakan, persawahan, atau perkebunan. Dalam era ini juga terjadi sistem kasta dimana dibagi menjadi 3 tingkat sebagai berikut :
1. Kasta Kaya (golongan/ keturunan bangsawan/raja)
2. Kasta Menengah (golongan pedagang)
3. Kasta miskin ( Golongan petani dan nelayan)

Di dalam era ini, kasta miskin tidak dapat naik menjadi kasta kaya.

2. Era Industri (1492-1989)


Nah di era industri ini, pendidikan menjadi hal yang sangat penting. Anak-anak pergi ke sekolah untuk belajar karena mereka harus memperoleh nilai setinggi mungkin. Di sini nilai akademik sangat dihargai, dimana nilai A jauh lebih dihargai dibanding nilai D. Orang-orang yang sukses adalah orang-orang yang memiliki IQ yang tinggi.

Dalam era ini, untuk membuka suatu bisnis, diperlukan modal yang sangat besar. Orang-orang yang sukses di jaman ini adalah orang-orang yang bekerja di suatu perusahaan/ instansi

3. Era informasi


Pada tahun 1989, era ini dimulai. Mereka yang sukses adalah mereka yang pertama kali bisa mengakses informasi. Mereka yang bisa mengakses informasi lebih dahulu daripada kompetitornya, menjadi orang yang sukses pada era ini.

Pada jaman ini, IQ tidak menjadi penentu utama dalam kesuksesan. Banyak mahasiswa-mahasiswa yang Drop-Out pada era ini justru menjadi sukses. Bill Gates contohnya


4. Era Konseptual



Jaman sekarang ini adalah era konseptual. Orang-orang yang sukses di jaman ini adalah orang-orang yang ANEH. Orang-orang aneh inilah yang bisa memunculkan suatu kreativitas yang bisa membuat suatu perbedaan dari orang-orang lainnya. Kalau kita sering nongkrong di restoran atau kafe, sering ada pertunjukan-pertunjukan band. Namun band-band kafe ini yang sebenarnya memiliki suara yang bagus, bisa kalah nge-trend jika dibandingkan dengan Kuburan Band yang justru malah lupa lirik lagunya?

Begitulah perubahan-perubahan yang terjadi di sekeliling kita. Kiranya kita bisa terus menyesuaikan diri dengan perubahan yang ada di sekitar kita agar tidak tertinggal di belakang.