Kamis, 22 Desember 2011

Pintar = Bodoh!


Teman-Teman pembaca, ketika saya sedang membaca buku Unlimited Wealth yang ditulis oleh Bong Chandra, saya menemukan sebuah cerita berikut :

Diceritakan saat itu sebuah perusahaan sabun terkenal di Indonesia sedang menghadapi sebuah masalah besar. Masalah ini adalah dimana banyaknya keluhan customer tentang produk sabun tersebut ternyata banyak sekali yang kosong. Tentu customer sangat kecewa karena mereka ternyata membeli produk yang hanya kotaknya saja, isinya tidak ada.



Oleh karena permasalahan ini sangat genting dan membahayakan prospek penjualan perusahaan maka sang Presiden Direktur melakukan rapat mengenai masalah ini secara teleconfrence dimana seluruh isi kantor tersebut dapat berpartisipasi. Beliau memberi sebuah tantangan, apabila ada yang berhasil menemukan solusi dari masalah ini, maka gajinya akan dinaikan 10 x lipat!

Kesempatan pertama diambil oleh seorang direktur pemasaran, "Pak kita pakai mesin dari Inggris saja seharga 1 Miliar rupiah, saya yakin masalah ini akan dapat terselesaikan"

Kemudian dengan segera General Manager dari bagian produksi menyelak dan memberi saran agar membeli mesin dari prancis yang harganya 100 juta rupiah.

" Pak saya punya yang lebih bagus lagi.... Sebuah mesin produksi Cina yang harganya cuma 10 juta, bagaimana?" Sela seorang manajer di bagian inventory control

Akhirnya setelah menimbang-nimbang, sang Presiden direktur menyetujui untuk memakai mesin tersebut karena harganya murah.

Tiba-tiba seorang office boy bernama Bedjo berteriak, " Pak saya ada mesin dari Indonesia seharga 100 ribu rupiah, dijamin maknyus!"

Mendengar perkataan si Bedjo seluruh isi kantor tertawa terbahak-bahak.

Namun, sang Presiden Direktur memberikan kesempatan kepada si Bedjo dan memberikan uang sebesar 100 ribu rupiah.

1 jam kemudian si Bedjo datang dengan menenteng sebuah kardus dan kemudian menyerahkan kembalian sebesar 25 ribu kepada sang Presiden Direktur.

Kemudian disusun-susunya kotak-kotak sabun produksi tersebut dan segera dipasang alat yang ternyata adalah kipas angin.

Wuusssss!!!! Kotak-kotak sabun yang tidak ada isinya segera berterbangan....

Gitu aja kok repot???!!! kata Bedjo sambil berjalan kembali ke pantry.....



Nah, dari kisah ini kita perlu belajar bahwa seringkali orang-orang pintar mampu membuat sesuatu yang luar biasa dengan membuat sesuatu yang terkesan rumit. Namun kesalahan mereka adalah sering membuat sesuatu yang sebenarnya sederhana menjadi rumit. Sedangkan orang-orang bodoh biasanya mampu untuk membuat sesuatu yang rumit menjadi sederhana