Rabu, 24 Agustus 2011

Motivasi vs Inspirasi

Apa itu motivasi? Apa itu Inspirasi? Bedanya dimana?

(sumber: google search)

Teman-teman pembaca, seringkali kita salah paham dalam menangkap arti motivasi. Kita seringkali beranggapan bahwa motivasi itu adalah segala sesuatu yang dikatakan oleh orang lain yang membuat diri kita tergerak untuk menjadi lebih baik. Makanya kata motivasi seringkali dihubungkan dengan yang namanya Motivator. Nah kalau bagi kita dalam kehidupan sehari-hari, Motivator ya orang - orang seperti pak Mario Teguh yang kerjanya tampil di televisi, cuap-cuap selama 1 jam memberikan motivasi bagi kita semua. Padahal sebenarnya definisi sebenarnya dari motivasi adalah :


"Proses yang menjelaskan intensitas, arah, dan ketekunan seorang individu untuk mencapai tujuannya. Tiga elemen utama dalam definisi ini adalah intensitas, arah, dan ketekunan"- wikipedia

Nah dari definisi ini sudah jelas bahwa motivasi bukanlah orang lain, motivator bukanlah orang-orang seperti Pak Mario Teguh.Lalu siapa dong motivator itu?

MOTIVATOR
=
DIRI KITA!

Ya! Jadi kita semua adalah motivator! Lalu Pak Mario Teguh disebutnya apa dong? 

Kita bisa sebut beliau sebagai Inspirator. Beliau memberikan inspirasi bagi banyak orang melalui apa yang ia sampaikan kepada kita semua.

Semoga artikel perdana saya ini bisa membantu kita membedakan antara motivasi dan inspirasi. :D