Jumat, 26 Agustus 2011

Macam-macam gaya belajar (Part 2 : Auditori)

Macam-Macam Gaya Belajar


(sumber: googlesearch)

Part 2 : Auditori Style


(sumber : googlesearch)

Ketemu lagi dalam postingan tentang macam-macam gaya belajar. Nah di bagian kedua ini, saya ingin sedikit berbagi tentang tipe belajar auditori. Tipe belajar auditori adalah tipe belajar seseorang lebih mudah mendapatkan informasi melalui apa yang ia dengar. Walaupun saya bukan pembelajar dengan tipe yang satu ini, saya akan sedikit membagikan apa yang saya ketahui tentang gaya belajar ini dari pengamatan saya terhadap teman-teman saya yang memiliki gaya belajar auditori ini


Berikut ini bisa kita lihat beberapa ciri-ciri orang yang memiliki tipe belajar auditori :
1. Lebih senang mendengarkan guru/ dosen menjelaskan daripada membaca buku
2. Di kelas lebih banyak mendengar daripada mencatat
3. Lebih suka dibacakan daripada membaca

Kemudian dari sharing yang diberikan oleh teman-teman saya yang memiliki tipe belajar seperti ini, akan saya bagikan beberapa strategi bagi kalian yang punya tipe belajar auditori :
1. Minta print-an slide powerpoint kepada dosen sehingga kita lebih fokus mendengarkan daripada mencatat
2. Gunakan tape recorder untuk merekam apa yang dikatakan guru/ dosen
3. Bentuk kelompok diskusi


Nah itulah tipe belajar auditori. Lebih banyak mendengar daripada melihat. Pada postingan nanti saya akan menjelaskan lebih detail tentang strategi-strategi belajar tersebut, So, jangan sampai ketinggalan. Cek terus update dari blog saya.