Rabu, 24 Agustus 2011

Macam-macam gaya belajar (Part 1 : Visual)

Macam-Macam Gaya Belajar


(sumber: googlesearch)

Part 1 : Visual Style


(sumber: googlesearch)


Dari namanya, kita sudah bisa menebak bahwa gaya belajar yang digunakan oleh orang dengan tipe ini adalah dengan cara melihat. Kebanyakan kita yang memiliki gaya belajar visual, cenderung lebih mudah dalam menangkap informasi dalam bentuk teks/ gambar daripada informasi yang disampaikan secara lisan. Jujur, saya adalah orang yang memiliki cara belajar seperti ini. Ketika saya menangkap informasi yang disampaikan secara lisan, seringkali saya merasa lemot (otak nge-hang...hehe). Namun, ketika informasi yang sama saya dapatkan lewat tulisan, saya cenderung merasa lebih cepat mengerti akan pesan yang terkandung di dalamnya. Nah, bercermin pada apa yang saya rasakan sebagai seorang pembelajar dengan tipe belajar visual, saya akan memberikan ciri-ciri orang yang memiliki tipe belajar ini :

1. Cenderung lebih suka belajar dengan cara membaca daripada mendengarkan penjelasan guru/dosen
2. Cenderung lebih banyak mencatat pada saat pelajaran berlangsung dibanding tipe auditori.
3. Lebih suka membaca daripada dibacakan

Nah untuk itu ada beberapa tips yang akan saya bagikan bagi teman-teman yang memiliki tipe belajar visual. Tips ini didasarkan dari apa yang saya lakukan untuk mempermudah saya dalam belajar.

1. Menbaca Text book
2.Membuat rangkuman berupa tulisan
3.Membuat rangkuman berupa gambar/diagram
4. Stabilo hal-hal yang Penting

Nah melalui cara-cara inilah saya belajar dengan lebih mudah. Pada postingan berikutnya, saya akan membagikan sebuah strategi, dengan menggunakan cara-cara di atas, membagikan pengalaman saya bagaimana saya ketika minggu-minggu ujian, bisa sempat-sempatnya bermain game padahal teman-teman saya masih sibuk belajar. So jangan lupa untuk mengecek terus postingan dari saya.

Oke sampai di sini dulu postingan saya hari ini, kita ketemu pada postingan berikutnya mengenai gaya belajar kinetik dan auditori.

Baca Juga :

Macam-macam gaya belajar (Part 2 : Auditori)